logo

Tutorial

Untuk memudahkan anda dalam penggunaan aplikasi Banua-Pay, berikut kami jelaskan langkah demi langkah dengan jelas dan lengkap.

Gambaran Umum

Untuk melakukan segala macam kegiatan transaksi, terlebih dahulu aplikasi Banua-Pay sudah harus terinstall/ terpasang pada Handphone. Jika belum memilikinya, anda dapat mengunduh/ mendownload aplikasinya pada link berikut APK Banua-Pay

TAHAP 1

Daftar - Registrasi - Aktivasi

Langkah 1
  • Buka aplikasi Banua-Pay pada handphone
  • Kemudian pilih menu Daftar
Langkah 2
  • Isikan nama identitas anda pada kolom Username (bebas)
  • Isikan alamat email pada kolom Email
  • Isikan password anda pada kolom Password 6 digit angka
  • Tekan tombol DAFTAR
  • Setelah terdaftar anda akan kembali ke tampilan utama aplikasi
Langkah 3
  • Login menggunakan username dan password yang telah didaftarkan
  • Isikan alamat email pada kolom Email
  • Isikan password anda pada kolom Password
  • Tekan tombol LOGIN
Langkah 4
  • Setelah login akan tampil halaman registrasi
  • Tekan tombol Registrasi
  • Isikan pin pada kolom masukkan pin anda 4 digit angka
  • Isikan kembali pin anda pada kolom masukkan ulang pin anda
  • Tekan tombol DAFTAR
Langkah 5
  • Setelah registrasi berhasil, No. Registrasi akan muncul pada profil anda
  • Lakukan aktivasi dengan cara menghubungi Customer Service kami
  • Tekan tombol Info untuk masuk ke menu informasi
  • Tekan tombol CALLCENTER
  • Laporkan data diri sesuai dengan profil anda seperti Username, Alamat, No. Registrasi, No. Telepon, Nama dan jumlah Top Up Saldo Awal

Apa yang perlu anda ketahui?

Username - sebagai identitas akun anda
Email dan Password - anda membutuhkan kata sandi (password) dan email untuk masuk (login) ke aplikasi
No. Registrasi - dibutuhkan untuk mengaktifkan akun anda
PIN - setiap kali bertransaksi anda wajib mengisikan pin sebagai pengaman dalam bertransaksi

Jangan pernah memberikan kepada siapapun mengenai informasi diatas!!

TAHAP 2

Top-Up

Langkah - langkah
  • Melakukan top up di aplikasi Banua-Pay adalah dengan cara transfer Bank
  • Pada Menu Transaksi pilih menu TOPUP SALDO
  • Kemudian tampil 3 nomor rekening Bank, silahkan transfer di salah satu rekening Bank tersebut
  • Setelah anda melakukan transfer silahkan hubungi CS kami di menu Info
  • (posisi di kanan bawah)
  • Pilih CALLCENTER dan silahkan anda hubungi lewat telepon atau WhatsApp
  • dan CS akan segera memproses TOPUP anda

Penting untuk diperhatikan!

Pastikan Nama Rekening sesuai dengan informasi rekening yang tertera pada Aplikasi Banua-Pay

Pihak Banua-Pay tidak bertanggung jawab atas kesalahan pada transfer Bank!!

TAHAP 3

Transaksi - Pulsa Reguler

Langkah 1
  • Pada Menu Transaksi pilih menu PULSA
  • Kemudian tampil 2 pilihan menu yakni REGULER (pulsa) dan DATA (kuota internet)
  • Pilih menu REGULER
  • Masukan nomor telepon tujuan yang ingin diisikan pulsa
Langkah 2
  • Setelah memasukan nomer telepon silahkan pilih nominal yang diinginkan
  • Masukan pin transaksi kemudian tekan tombol proses
  • Tunggu sampai pemberitahuan laporan transaksi sukses
Informasi
  • Daftar provider nominal PULSA tergantung dari nomor telepon tujuan
  • Misal: nomor telepon tujuan 0812XXXXXXXX maka nomor dikenali sebagai Provider Telkomsel
  • Pastikan nomor tujuan pengisian pulsa masih berlaku (aktif) dan benar

Transaksi - Data

Langkah 1
  • Pada Menu Transaksi pilih menu PULSA
  • Kemudian tampil 2 pilihan menu yakni REGULER (pulsa) dan DATA (kuota internet)
  • Pilih menu DATA
  • Masukan nomor telepon tujuan yang ingin diisikan pulsa
Langkah 2
  • Setelah memasukan nomer telepon silahkan pilih paket yang diinginkan
  • Masukan pin transaksi kemudian tekan tombol proses
  • Tunggu sampai pemberitahuan laporan transaksi sukses
Informasi
  • Daftar provider paket DATA tergantung dari nomor telepon tujuan
  • Misal: nomor telepon tujuan 0812XXXXXXXX maka nomor dikenali sebagai Provider Telkomsel
  • Pastikan nomor tujuan pengisian pulsa masih berlaku (aktif) dan benar

Pembayaran Tagihan

Langkah 1
  • Pada Menu Transaksi pilih menu PEMBAYARAN
  • Kemudian tampil daftar nama-nama pembayaran tagihan
  • Pilih salah satu nama tagihan dari daftar pembayaran
  • Masukan nomor Nomor ID
  • Tekan tombol LANJUT dan tunggu proses selesai
Langkah 2
  • Setelah proses selesai akan tampil daftar nominal pembayaran tagihan
  • Pilih nominal yang akan dibayarkan
  • Selanjutnya akan tampil informasi mengenai pelanggan
  • Masukan pin transaksi kemudian tekan tombol proses
  • Tunggu sampai pemberitahuan laporan transaksi sukses
  • Tekan SALIN PESAN & KELUAR
  • Secara otomatis informasi akan disalin dan dapat dikirim ke pelanggan melalui media aplikasi pesan seperti WhatsApp, Telegram dan lainnya dengan cara paste (tempel)

Penting untuk diperhatikan!

Nomor ID bisa berupa ID Pelanggan atau Nomor tertentu dalam contoh diatas Nomor ID adalah Nomor Meter yang tertera pada kartu pelanggan listrik pintar. Pastikan Identitas pelanggan sesuai dengan informasi yang tertera pada Aplikasi Banua-Pay sebelum melakukan pembayaran tagihan

Pihak Banua-Pay tidak bertanggung jawab atas kesalahan dalam pembayaran tagihan dikarenakan salah memasukan Nomor ID pelanggan!!

Top Up Uang Elektronik

Langkah 1
  • Pada Menu Transaksi pilih menu UANG ELEKTRONIK
  • Kemudian tampil daftar nama-nama Uang Elektronik
  • Pilih salah satu nama Uang Elektronik dari daftar tersebut
  • Masukan Nomor ID pelanggan dan tekan tombol LANJUT
Langkah 2
  • Pilih nominal Uang Elektronik yang akan diisi (Top Up)
  • Selanjutnya akan tampil informasi mengenai pelanggan
  • Masukan pin transaksi kemudian tekan tombol PROSES
  • Tunggu sampai pemberitahuan laporan transaksi sukses

Penting untuk diperhatikan!

Nomor ID bisa berupa ID Pelanggan, Nomor Telepon atau Nomor tertentu dalam contoh diatas Nomor ID adalah Nomor Telepon pelanggan. Pastikan Identitas pelanggan sesuai dengan informasi yang tertera pada Aplikasi Banua-Pay sebelum melakukan Top Up

Pihak Banua-Pay tidak bertanggung jawab atas kesalahan dalam pengisian (Top Up) Uang Elektronik dikarenakan salah memasukan Nomor ID pelanggan!!

Cek Transaksi

Langkah-langkah
  • Pada Menu Transaksi pilih menu CEK TRANSAKSI
  • Masukan Nomor Telepon dan Tanggal Transaksi yang ingin anda cek status transaksinya
  • Tekan tombol PROSES
  • Tunggu proses selesai
  • Setelah proses selesai akan muncul Informasi mengenai status transaksi

Laporan

Langkah-langkah
  • Pada Menu Transaksi pilih menu LAPORAN
  • Masukan Tanggal awal dan Tanggal akhir yang ingin anda lihat laporan transaksinya
  • Tekan tombol PROSES
  • Setelah itu akan muncul Ringkasan Laporan transaksi